Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana cara meningkatkan aktivitas peserta didik di SMK Yapim Taruna Sei Rotan T.A. 2017/2018, serta dampak dari meningkatnya aktivitas peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII TKJ-2 SMK Yapim Taruna Sei Rotan yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 9 siswa dan 20 siswi. Sedangkan objek penelitian adalah aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XII TKJ-2 SMK Yapim Taruna Sei Rotan. Dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa penggunaan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII TKJ-2 SMK Yapim Taruna Sei Rotan T.A. 2017/2018. Pada kondisi awal aktivitas belajar siswa masih kurang, kemudian dilakukan tindakan siklus I dan diperoleh data 59,11% siswa lebih mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru, dan 9,11% siswa masih melakukan sesuatu yang tidak relevan. Hasil belajar siswa 65,51% atau sebanyak 19 siswa yang mencapai nilai KKM. Kondisi ini dianggap belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga dilakukan tindakan siklus II dan diperoleh data 75,37% siswa lebih banyak membaca buku, dan 5,75% siswa melakukan sesuatu yang tidak relevan. Hasil belajar siswa 93,10% atau sebanyak 27 siswa mencapai nilai KKM. Perlakuan tindakan pada penelitian ini ternyata selain meningkatkan aktivitas belajar siswa juga berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik, karena suasana pembelajaran di kelas jadi lebih menyenangkan.