Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Media Citra Nonfoto pada materi penginderaan jauh di Kelas XII-PIS1 SMAN 2 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di SMAN 2 Pematangsiantar pada Tanggal 27 Oktober 2017 s/d 11 November 2017. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas XII-PIS1 yang berjumlah 45 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dengan menggunakan lembar pengamatan afektif, psikomotorik dan komunikasi tidak langsung seperti Laporan Kerja Siswa (LKS), test. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Penerapan Model Discovery Learning dan Media Citra Nonfoto dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penginderaan jauh : (1) aspek kognitif sebesar 72%, (2) aspek psikomotorik sebesar 13%, (3) aspek afektif sebesar 20%. Adanya peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 69% dari 18% di siklus I menjadi 87% di siklus II.