PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan Metode Drill yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Gambar Teknik siswa kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Pematangsiantar dengan menerapkan Metode Drill. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 21 orang. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang bertujuan untuk menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil evaluasi proses untuk setiap siklus pembelajaran terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh hasi peserta didik yang lulus sebanyak 12 orang peserta didik dengan persentase 57,14 % dengan nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik yaitu 75 dan hasil belajar peserta didik yang tidak lulus sebanyak 9 orang peserta didik dengan persentase 42,86 % meningkat menjadi 21 orang peserta didik yang lulus dengan persentase 100 % dengan nilai rata-rata 80 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Pematangsiantar tahun ajaran 2017/2018