UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN DAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA AL-MAKSUM TAHUN AJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling pada permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Swasta Al-Maksum Tahun Ajaran 2017/2018 melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat. Lokasi penelirian ini berada di SMP Swasta Al-Maksum. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Swasta Al-Maksum pada Tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 orang, diantaranya terdiri dari 16 orang putra dan 14 orang putri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian ini adalah melalui observasi kegiatan mengajar guru, siswa serta test hasil belajar dribbling bola basket yang berbentuk portofolio. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa menggunakan variasi pembelajaran dan modifikasi alat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dribbling bola basket siswa kelas VII SMP Swasta Al-Maksum Medan tahun ajaran 2017/2018. Dilihat dari data awal dribbling bola basket siswa, hanya 9 orang siwa yang tuntas (30%) dan 21 orang siswa yang belum tuntas (70%). Setelah dilakukan tindakan siklus I maka siswa yang tuntas 19 orang (63,33%) dan siswa yang belum tuntas 11 orang (36,67%) belum tuntas secara klasikal. Selanjutnya di siklus II siswa yang tuntas 26 orang (86,67%) dan siswa yang belum tuntas 4 orang (13,33%). Nilai rata-rata proses belajar siswa pada data awal adalah 65,23 (tidak tuntas), pada test siklus I nilai rata-rata proses belajar siswa meningkat menjadi 73,89 (Tuntas namun belum tuntas secara klasikal), pada pelaksanaan test siklus II nilai rata-rata proses belajar siswa telah mencapai 80,58 (tuntas). Persentase ketuntasan belajar siswa pada data awal adalah 30%, pada test siklus I meningkat menjadi 63,33% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 86,67%. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test awal hingga test siklus I yaitu 8,66 dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test siklus I hingga test siklus II yaitu 6,69 dan peningkatan klasikal dari test awal hingga test siklus I adalah 33,33% dan peningkatan klasikal dari test siklus I hingga test siklus II adalah 23,34%. Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan variasi pembelajaran dan modifikasi alat dapat memberikan peningkatan hasil belajar dribbling bola basket pada siswa kelas VII SMP Swasta Al-Maksum Medan Tahun Ajaran 2017/2018.