UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas X SMA N 11 Medan tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( classroom action research ). Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X IPA 5 SMA N 11 medan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 siswa yang akan diberi tindakan melalui variasi pembelajaran terhadap proses belajar passing bawah bola voli. Intrumen yang digunakan penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi penilaian kriteria siswa dan fortofolio penilaian passing bawah bola voli. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pada siklus I sebanyak 23 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (63,89%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 13 orang siswa ( 47%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rataan belajar keseluruhan yaitu 69,42 sedangkan pada siklus II diperoleh data sebanyak 32 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (88,89%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar, sedangkan 4 orang siswa (11,11%) masih belum tuntas, dengan nilai rataan hasil belajar 78,68. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui variasi pembelajaran passing bawah bola voli dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas X SMA N 11 Medan tahun ajaran 2017/2018.