PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi penelitian 144 siswa kelas VIII SMP Swasta Katolik Trisakti Medan TP 2017/2018. Sebanyak 72 siswa dari dua kelas yang dipilih dengan cluster random sampling dibagi dalam 2 kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan STAD. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dalam rancangan faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur pada taraf signifikan = 0,05. Setelah normalitas dan homogenitas data diuji, dilanjutkan dengan uji lanjut Scheffe. Hasil pengujian hipotesis diperoleh (1) terdapat perbedaan nilai rata-rata matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw (74,17) dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD (67,39) dengan Fhitung (6,56) > Ftabel (4,00), (2) terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi (78,63) lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah (65,17) dengan Fhitung (29,14) > Ftabel (4,00), (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika siswa dengan dengan Fhitung (6,56) > Ftabel (4,00).