Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) siswa belum mampu menuangkan ide, pendapat dalam bentuk tulisan secara khusus menulis deskripsi; (2) guru belum menggunakan pendekatan pembelajaran yang inovatif, sehingga tidak meningkatkan aktivita siswa; (3) hasil belajar menulis deskripsi siswa kelas V SDS Gracia Sustain rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar kemampuan menulis deskripsi siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik dengan pendekatan ekspositori; (2) hasil belajar kemampuan menulis deskripsi siswa antara kelompok siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah; (3) interaksi antara antara pendekatan saintifik dengan aktivitas siswa terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas Va dan Vb Sekolah Dasar Swasta Gracia Sustain dan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas Va untuk kelas kontrol sebanyak 28 siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan ekspositori dan untuk kelas kontrol kelas Vb sebanyak 28 siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes hasil belajar yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk essay test menulis deskripsi; (2) lembar observasi aktivitas siswa. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas isi dan validitas konstruk serta koefisien reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik memperoleh nilai rata-rata 71.607 sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan ekspositori memperoleh nilai ratarata 53.929 ( ; (2) berdasarkan hasil perhitungan data dapat diketahui bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan aktivitas tinggi memperoleh nilai rata-rata = 66.724, sedangkan hasil belajar kemampuan menulis deskripsi yang menggunakan aktivitas rendah memperoleh nilai rata-rata = 58.519; dan (3) hasil pengujian hipotesis diperoleh tidak terdapat interaksi antara pendekatan saintifik dan aktivitas siswa terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa.