Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul pembelajaran teks laporan hasil observasi berbasis multimedia interaktif, validasi pengembangan modul pembelajaran teks laporan hasil observasi berbasis multimedia interaktif pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, keefektifan pengembangan modul pembelajaran teks laporan hasil observasi berbasis multimedia interaktif pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru Bahasa Indonesia, dan Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Data tentang kualitas produk ini dikumpulkan melalui angket dan tes menulis teks laporan hasil observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa validasi oleh ahli materi dinyatakan layak dengan perolehan rata-rata 91,25 % dengan kategori sangat baik, kelayakan penyajian diperoleh 97,5 % dengan kategori sangat baik, aspek multimedia interaktif diperoleh rata-rata 95,8% dengan kategori sangat baik, aspek kebahasaan diperoleh rata-rata 98,95% dengan kategori sangat baik. validasi oleh ahli desain dengan perolehan rata-rata 82,15% Pada kategori sangat baik. Uji coba perorangan diperoleh rata-rata 82,38% dengan kategori baik. Perolehan uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata 86,67% dengan kategori baik. Perolehan hasil uji coba lapangan terbatas diperoleh rata-rata 96,86% dengan kategori sangat baik. Keefektifan modul pembelajaran menunjukan bahwa nilai rata-rata pretes (tes awal) 71,02% dengan kategori cukup dan nilai rata-rata-rata postes (tes akhir) adalah 80,05% dengan kategori baik. Dengan demikian modul pembelajaran teks laporan hasil observasi berbasis multimedia interaktif layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat memberi sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan pembelajaran bagi guru yang dapat dijadikan sumber materi ajar untuk mempermudah menyampaikan materi dengan baik.