PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 SEI SUKA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) produk pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif, 2) peningkatan kemampuan metakognisi siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 3) peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, buku petunjuk guru, buku siswa, lembar aktivitas siswa, tes kemampuan metakognisi, dan angket kemandirian belajar. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah menggunakan model 4- D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIPA-3 dan XI-MIPA-4 SMA Negeri 1 Sei Suka. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran berbasis masalah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, 2) terdapat peningkatan kemampuan metakognisi siswa sebesar 0,31 yang diperoleh dari nilai rata-rata dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 3) terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa sebesar 3,45 yang diperoleh dari skor rata-rata dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan