Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; 2) kepraktisan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan;3) efektivitas perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; 4) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa MAN 1 Tanjung Pura dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; 5) peningkatan kemampuan komunikasi siswa MAN 1 Tanjung Pura dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: define, design, develop, and disseminate. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Tanjung Pura, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan kelas yang dijadikan sebagai sampel untuk uji coba adalah kelas X-IPA-2 dan kelas X-IPA-1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perangkat pembelajaran berbasis RME yang dikembangkan memenuhi kriteria valid yaitu perolehan nilai rata-rata total validitas RPP senilai 4,38, buku guru senilai 4,41, buku siswa senilai 4,41, dan LKS senilai 4,38 serta tes kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa berada pada kategori valid, 2) perangkat pembelajaran berbasis RME yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis yaitu penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan secara keseluruhan baik dan dapat digunakan dengan mudah, guru dan siswa mengatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan mudah dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori baik, 3) perangkat pembelajaran berbasis RME yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif yaitu ketuntasan belajar secara klasikal, ketercapaian tujuan pembelajaran, ketercapaian waktu pembelajaran dan respon siswa terhadap komponenkomponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran adalah positif, 4) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan yaitu rata-rata pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa pada uji coba I sebesar 3,37 meningkat menjadi 3,43 pada uji coba II, dan 5) terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan yaitu rata-rata pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada uji coba I sebesar 3,51 meningkat menjadi 3,60 pada uji coba II.