Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dan penemuan terbimbing, (2) Perbedaan kecerdasan emosional antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dan penemuan terbimbing, (3) Interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis, dan (4) Interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kecerdasan emosional. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Kartika 1-2 Medan. Dan sampel penelitian ini adalah kelas VII-1 dan VII-3. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA) Dua Arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan penemuan terbimbing. Hal ini terlihat dari hasil ANAVA untuk