PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF –EFFICACY SISWA KELAS X SMK YPK MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah, 2) Menganalisis peningkatan kemampuan Self Efficacy siswa melalui pembelajaran berbasis masalah,3) Mendeskripsikan bagaimana keefektifan perangkat pembelajaran matematika melalui pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan dalam proses pembelajaran matematika. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, buku guru, buku siswa, dan lembar kerja siswa.Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang terdiri atas empat tahap yaitu, define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali ujicoba di dua kelas yang berbeda yaitu kelas X AP 1 dan X AP 3 di SMK YPK Medan . Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskripsif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran berbasis masalah yang di kembangkan sebesar 11,5 % dari ujicoba I ke ujicoba II (2) Terjadi peningkatan kemampuan Self Efficacy melalui pembelajaran berbasis masalah yang di kembangkan sebesar 4,5% dari ujicoba I ke ujicoba II (3) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif yaitu dari : (1) ketuntasan hasil belajar siswa secara kalsikal 87,5% dan pencapaian tujuan pembelajaran 78,6%(2) respon siswa positif sebesar 82,78% (3) Waktu yang digunakan dalam pembelajaran efisien atau tidak melebihi pembelajaran biasa, semua hasil dilihat dari hasil ujicoba I dan uji coba II