Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar IPA masih jauh di bawah nilai KKM, Model pembelajaran yang belum mampu membuat siswa aktif, mandiri, dan bisa mengembangkan pengetahuan dari hasil belajar di kelas, Siswa tidak memiliki kemampuan berpikir kritis dan Rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI SD Jenderal Sudirman Medan yang bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPA siswa; (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa; (3) Pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (4) Pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (5) Pengaruh interaksi model pembelajaran PBL dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa; (6) Pengaruh interaksi model pembelajaran PBL dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, kelas VI1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran PBL dan kelas VI2 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan: (1) Angket motivasi dalam bentuk pernyataan sebanyak 30 item; (2) Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan uraian berjumlah 25 item; dan (3) Tes berpikir kritis dalam bentuk uraian sebanyak 15 item. Metode penelitian ini kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan uji Anova 2 jalur dengan taraf signifikan α = 0.05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa (α=0.05, p=0.000); (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa; (α=0.05, p=0.001); (3) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap berpikir kritis siswa; (α=0.05, p=0.000); (4) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap berpikir kritis siswa; (α=0.05, p=0.003); (5) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa; (α=0.05, p=0.00); (6) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap berpikir kritis; (α=0.05, p=0.007)