PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS IV SD NEGERI 024183 KEC. BINJAI TIMUR
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Dan penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian meliputi 5 langkah yaitu: Analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), evaluation (penilaian). Subjek Penelitian ini adalah 39 orang siswa kelas SD Negeri 024183 Kec. Binjai Timur. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media dan guru kelas, angket/kuesioner untuk siswa, observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang terlebih dahulu dilakukan validasi empiris. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik deskriptif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi validitas isi oleh ahli materi mencapai 4,63, ahli desain pembelajaran mencapai 4,50 dan ahli media 4,71 dengan kategori sangat baik dan masuk kriteria valid dan layak digunakan, serta efekif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa diantaranya ketuntasan belajar individu mencapai 83,42%, ketuntasan belajar klasikal mencapai 82,1% dengan persentase N-gain mencapai 0,75 serta mendapat respon posistif dari siswa mencapai 74,9% dengan kriteria baik.