PENGEMBANGAN BUKU AJAR MIKROBIOLOGI BERBASIS LITERASI SAINS PADA MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNIMED
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat Kelayakan Buku Ajar Mikrobiologi Berbasis Literasi Sains Menurut Ahli Materi; (2) Tingkat Kelayakan Buku Ajar Mikrobiologi Berbasis Literasi Sains Menurut Ahli Desain; (3) Tingkat Kelayakan Buku Ajar Mikrobiologi Berbasis Literasi Sains Menurut Dosen Pengampu; (4) Tingkat Kelayakan Buku Ajar Mikrobiologi Berbasis Literasi Sains Menurut mahasiswa; (5) Tingkat kelayakan buku ajar mikrobiologi berbasis literasi sains digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah mikrobiologi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg dan Gall, yang dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian. Model ini meliputi enam tahapan, yaitu; (1) Penelitian pendahuluan; (2) Perencanaan produk; (3) Pengumpulan bahan; (4) Pengembangan produk awal; (5) Validasi produk dan (6) Revisi dan Uji coba. Subjek Uji coba terdiri dari tim ahli materi, ahli desain, 2 orang dosen pengampu matakuliah Mikrobiologi, 3 mahasiswa pendidikan biologi Unimed pada uji perorangan, 9 mahasiswa pada kelompok kecil dan 40 orang mahasiswa pada uji kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket, kemudian data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pengembangan buku ajar Mikrobiologi berbasis literasi sains menunjukkan bahwa; (1) Tingkat kelayakan Buku Ajar Mikrobiologi menurut ahli materi berada pada kriteria “sangat baik” (84,48%); (2) Tingkat kelayakan Buku Ajar Mikrobiologi Dasar menurut ahli desain berada pada kriteria “sangat baik” (86%); (3) Tingkat kelayakan Buku Ajar Mikrobiologi Dasar menurut dosen pengampu matakuliah Mikrobiologi berada pada kriteria “sangat baik” (89,13%); (4) Tingkat kelayakan Buku Ajar Mikrobiologi menurut mahasiswa pada kriteria “sangat baik” (82,12%), sehingga dapat disimpulkan bahwa produk penelitian pengembangan buku ajar Mikrobiologi berbasis literasi sains yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar tambahan mahasiswa atau sebagai penunjang pembelajaran pada matakuliah Mikrobiologi. Mengingat penelitian ini hanya dilakukan sampai uji coba lapangan terbatas, maka untuk mengetahui kefektifannya terhadap buku ajar perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.