Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran kimia yang digunakan di MAN 2 Langsa telah sesuai dengan standart BSNP terintegrasi media interaktif computer; (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran lectora inspire materi asam dan basa yang telah dikembangkan sesuai dengan standart BSNP terintegrasi media interaktif komputer; (3) mengetahui perbedaan peningkatan penguasaan konsep siswa materi asam dan basa yang dibelajarkan menggunakan media komputer lectora inspire yang telah dikembangkan dengan media powerpoint; (4) mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media komputer lectora inspire yang telah dikembangkan dengan media powerpoint; (5) mengetahui korelasi motivasi belajar siswa dengan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan menggunakan media lectora inspire; dan (6) mengetahui korelasi motivasi belajar siswa dengan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan menggunakan media powerpoint. Jenis penelitian menggunakan metode R & D (Development Research) dengan model ADDIE. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Langsa, seluruh dosen program studi pendidikan kimia pascasarjana Universitas Negeri Medan, dan seluruh guru MAN 2 Langsa. Sampel penelitian adalah siswa kelas MIA 1 dan MIA 2 masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian adalah angket BSNP terintegrasi media interaktif komputer yang diberikan kepada dua orang dosen program studi pendidikan kimia pascasarjana Universitas Negeri Medan dan dua orang guru kimia SMA, tes pilihan berganda untuk mengukur penguasaan konsep siswa dan lembar angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan statistik menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran powerpoint yang digunakan di MAN 2 Langsa memiliki kategori cukup layak, dengan kelayakan isi sebesar 3,1 namun kelayakan penyajian masih sebesar 2,8 dan belum dilengkapi dengan animasi, vidio, audio, icon, games edukasi, soal tes, dan penskoran jawaban siswa secara otomatis yang layak digunakan sebagai media interaktif; (2) media pembelajaran lectora inspire yang telah dikembangkan memiliki nilai aspek kelayakan isi sebesar 4,8 dan aspek penyajian sebesar 4,7 dengan kategori sangat layak; (3) terdapat perbedaan penguasaan konsep (N-gain siswa) materi asam dan basa yang dibelajarkan menggunakan media komputer lectora inspire yang telah dikembangkan dengan media powerpoint (0,041 ); (4) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media komputer lectora inspire yang telah dikembangkan dengan media powerpoint (0,000); (5) terdapat korelasi positif dan signifikan motivasi belajar siswa dengan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan menggunakan media lectora inspire (0,003); (6) terdapat korelasi positif dan signifikan motivasi belajar siwa dengan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan menggunakan media powerpoint (0,010)