Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL yang dikembangkan pada materi hidrolisis garam telah sesuai dengan standar BSNP; 2) penggunaan media pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction yang digunakan di SMAN 1 Darul Falah telah sesuai dengan standar BSNP; 3) perbedaan penggunaan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan media pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction terhadap peningkatan hasil belajar siswa; 4) perbedaan hasil belajar yang signifikan antara aktivitas tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan media pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction; dan 5) interaksi antara penggunaan kedua media yang diterapkan dengan tingkat aktivitas siswa dalam mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Darul Falah Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah dua kelas di SMAN 1 Darul Falah masing-masing sebanyak 2 kelas. Instrumen penelitian berupa angket modifikasi dari BSNP, tes objektif hasil belajar yang valid dan reliable, gabungan angket dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis yang digunakan teknik Two Way Anova dan uji General Linear Model (GLM) pada program SPSS 17.00. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL yang dikembangkan memiliki kategori sangat layak; 2) tingkat kelayakan media pembelajaran powerpoint yang digunakan di SMAN 1 Darul Falah memiliki kategori layak; 3) erdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan media pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction; 4) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara aktivitas tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan media pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction; 5) terdapat interaksi yang signifikan antara penggunaan kedua media yang diterapkan dengan tingkat aktivitas siswa dalam mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa