Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran gerak dasar lempar lembing dengan permainan bagi siswa SMP kelas VIII. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang: pengembangan dan penerapan model pembelajaran materi lempar lembing dengan permainan bagi siswa sekolah SMP kelas VIII dan mengetahui efektivitas, efisiensi dan daya tarik hasil pengembangan pembelajaran gerak dasar lempar lembing dengan permainan bagi siswa sekolah SMP kelas VIII. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode Penelitian pengembangan Research & Development (R & D). Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas VIII di 3 sekolah yaitu SMP N 14, SMP N 35, dan SMP N 27 Medan yang berjumlah 30 orang dari tiap – tiap sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket, kuisioner, serta instrumen psikomotorik lempar lembing yang digunakan untuk mengumpulkan data pada tahap: (1) analisis kebutuhan; (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) ujioba terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Uji efektifitas model menggunakan tes psikomotorik lempar lembing, sedangkan untuk melihat hasil efektifitas model digunakan uji statistik dengan menggunakan rumus uji-t berkorelasi dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil perhitungan uji t didapatkan t-hitung 2,37 sedangkan t-tabel 1,70, hal ini berarti Ha diterima sehingga pengembangan model pembelajaran materi lempar lembing ini layak digunakan Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model pembelajaran gerak dasar lempar lembing dengan permainan, siswa dapat belajar secara efektif dan efisien.(2) Dengan model pembelajaran yang telah peneliti kembangkan, siswa lebih termotivasi serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran