PENGEMBANGAN KIT DAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA TERINTEGRASI MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK KELAS XI SMA/MA SEMESTER GANJIL SESUAI KURIKULUM 2013
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kit dan penuntun praktikum kimia terintegrasi model guided inquiry untuk kelas XI SMA/MA semester ganjil sesuai kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan desain model ADDIE. Lokasi penelitian di SMAN 2 Kampar, SMAN 1 Kampar Timur dan SMAN 2 Rumbio Jaya yang berada di kabupaten Kampar provinsi Riau. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI dengan sampel sebanyak 94 siswa dari ketiga sekolah tersebut. Teknik analisis data dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari lembar uji kelayakan penuntun dan kit praktikum, lembar observasi sikap dan keterampilan, tes hasil belajar kognitif, lembar observasi keterlaksanaan praktikum dan respon siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kit dan penuntun praktikum kimia yang telah dikembangkan valid dengan nilai berturut-turut sebesar 3,65 dan 3,7 sehingga layak digunakan dalam pembelajaran kimia. Hasil belajar berdasarkan tes kemampuan kognitif siswa di sekolah SMAN 2 Kampar, SMAN 1 Kampar Timur dan SMAN 2 Rumbio Jaya berturut-turut sebesar 0,67 (sedang); 0,7 (tinggi); dan 0,73 (tinggi). Sementara itu hasil penilaian sikap siswa berturutturut sebesar 89,37; 88,31; 86,93% dengan kriteria baik dan penilaian keterampilan siswa berturut-turut sebesar 91; 89; 89% dengan kriteria baik. Hasil uji keterlaksanaan praktikum terhadap siswa berturut-turut sebesar 88,74; 85,12; 85,78% dengan kriteria sangat baik. Selain itu, respon siswa terhadap buku penuntun praktikum kimia diperoleh nilai berturut-turut sebesar 88,34; 86,62; 87,11% dengan kriteria baik dan respon siswa terhadap kit praktikum kimia berturut-turut sebesar 88,87; 87,42; 87,17% dengan kriteria baik.