PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM KIMIA YANG INOVATIF UNTUK KELAS X SMA/MA SEMESTER GANJIL SESUAI KURIKULUM 2013
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh buku penuntun dan kit praktikum kimia yang inovatif bagi siswa kelas X SMA/MA semester ganjil sesuai kurikulum 2013, penilaian buku penuntun dan kit praktikum kimia berdasarkan tanggapan ahli serta peningkatan hasil belajar siswa melalui uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Uji coba terbatas buku penuntun dan kit praktikum kimia ini dilakukan melalui pengamatan terhadap keterlaksanaan, sikap, keterampilan dan respon siswa. Lokasi penelitian di SMAN 2 Kampar, SMAN 1 Kampar Timur dan SMAN 2 Rumbio Jaya dan subjek uji coba terdiri dari 98 siswa. Teknik pengumpul data menggunakan lembar validasi penuntun praktikum, angket, lembar observasi dan instrument tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: buku penuntun dan kit praktikum kimia yang telah dikembangkan layak menjadi pegangan guru dalam pembelajaran kimia; hasil uji keterlaksanaan terhadap sampel secara berurutan pada aspek penilian kinerja sebesar 3,83; 3,77; 3,83 dan aspek kenerja produk 3,71; 3,78; 3,83 dengan kriteria sangat baik, hasil penilaian sikap siswa sebesar 3,69; 3,69 dan 3,61 dengan kriteria baik, sedangkan penilaian keterampilan siswa sebesar 3,70; 3,65 dan 3,66, dengan kriteria baik, sementara untuk hasil belajar berdasarkan tes kemampuan kognitif sebesar 0,6 (sedang); 0,64 (sedang); dan 0,74 (tinggi), kemudian untuk respon siswa terhadap buku penuntun dan kit praktikum kimia siswa sebesar 3,67; 3,65 dan 3,71 dengan kriteria baik