PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 060827 MEDAN AMPLAS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis discovery learning yang meliputi: rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa dan buku ajar dan dari penelitian ini untuk mengetahui:1) validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa,2)Untuk mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa,3)Untuk mengetahui keefektifan dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning.Perangkat yang dikembangkan terdiri dari RPP , buku ajar dan LAS. Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060827 Medan Amplas yang berjumlah 25 siswa.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap , yaitu : define, develop, disseminat.Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid baik dari segi isi maupun konstruk,2) perangkat yang dikembangkan praktis digunakan,3)perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif dilihat dari ketercapaian ketuntsan belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik,4) adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dari uji coba I sebesar 74,25 menjadi 80,33 pada uji coba II Hasil. Dari data yang telah diperoleh menunjukkan bahawa perangkat pembelajaran berbasis discovery learning pada materi pecahan di kelas V SD Negeri 060827 Medan Amplas adalah praktis dan efektif.untuk kemampuan berpikir kreatif siswa telah terjadi peningkatan.