RANCANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SD NEGERI NO. 101791 KEC. PATUMBAK
Daftar Isi:
- enelitian ini dilatar belakangi untuk mendidik siswa menanamkan nilai etika, sopan santun, norma dasar dalam konteks pendidikan atau sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan rancangan model pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn di SD Negeri No. 101791 kecamatan Patumbak. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri No. 101791 Kec. Patumbak, sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 38 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai karakter yang dikembangkan di SD Negeri No. 101791 Kec. Patumbak, 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Format Penilaian guru yang mengajar di kelas sudah menggambarkan RPP dan Format Penilaian siswa. Komponen RPP yang dijadikan penilaian pada penelitian ini adalah SK/ KD, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan format penilaian. RPP dan Format Penilaian yang disusun guru masih kategori penilaian ‘’baik’’. Hal-hal yang perlu diperhatikan pada Model Pendidikan Karakter adalah adanya tujuan pendidikan karakter, isi pendidikan karakter, metode pendidikan karakter, media pendidikan, dan lingkungan pendidikan, 3) Penataan ruang kelas adalah untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, guru perlu memperhatikan pengaturan/ penataan ruang kelas. 4) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pelajaran PKn di kelas V SD Negeri No. 101791 Kec. Patumbak menunjukkan bahwa: terdapat 18 nilai-nilai pendidikan karakter yang telah diterapkan, yaitu religius, jujur, toleransi, displin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Pelaksanaan model pendidikan karakter pada pembelajaran PKn di sekolah dasar di lakukan dengan tahapan sebagai: pendidikan Karakter hubungannya dengan Tuhan. Untuk guru, disarankan menggunakan pembelajaran dengan model pendidikan karakter yang sesuai dengan materi pembelajaran.