Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan koneksi matematis siswa, (3) Interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (4) Interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Assisi Siantar. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIIb dan VIIIc. Analisis data dilakukan dengan uji t dan analisis varians (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini terlihat dari hasil analisis uji t untuk nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. (2) Terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Hal ini terlihat dari hasil analisis uji t untuk nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Hal ini terlihat dari hasil analisis varians (ANAVA) untuk nilai signifikansi sebesar 0,084 lebih besar dari taraf signifikan 0,05. (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Hal ini terlihat dari hasil analisis varians (ANAVA) untuk nilai signifikansi sebesar 0,455 lebih besar dari taraf signifikan 0,05.