IMPLEMENTATION STRATEGY INSTANT ASSESSMENT TO INCREASE ACTIVITY AND RESULT OF LEARNING MATHEMATICS OF AL MAKSUM JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENT

Main Authors: Novriani, Milda Rizky, Nasution, Marah Doly, Surya, Edy
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Prodi Matematika Universitas Negeri Semarang , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/30177/1/Reviewer.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/30177/
https://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/kreano/7808
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa dan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VII-3 di SMP Al Maksum Percut Sei Tuan T.P 2014/2015 yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasilnya meningkat pada hasil belajar dan rata-rata keaktifan siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa yaitu 44,44% pada siklus ini yang menjadi tujuan dalam penelitian belum tercapai, dan observasi nilai rata-rata keaktifan siswa hanya 2,46. Siklus II Hasil belajar yaitu 75,00% dan nilai rata-rata keaktifan siswa 2,8. Siklus III mencapai ketuntasan hasil belajar siswa 91,67% dan ternyata pada siklus III ini menunjukkan peningkatan dengan rata-rata keaktifan siswa 3,06 dengan kategori baik.