STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 BATANGTORU
Daftar Isi:
- Kepala sekolah merupakan pimpinan tertinggi di sekolah. Kepemimpinannya akan sangat berpengaruh dalam menentukan kemajuan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan strategi kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, (2) mendeskripsikan proses penerapan strategi kepemimpinan dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, dan (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Yang dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan: peningkatan semangat kerja para guru, pengembangan kerjasama dengan lembaga lain, peningkatan pemberian penghargaan pada guru yang berprestasi dan memberikan kesejahteraan di luar gaji pokok, (2) proses penerapan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan: mendatangkan tim ahli untuk mengadakan pembinaan, memantau perkembangan guru, memperlakukan guru sebagai mitra kerja, 3) faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan: 1) faktor pendukung: membuat perencanaan pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan memperhatikan kondisi peserta didik, mewujudkan iklim kelas yang kondusif, 2) faktor penghambat: masih adanya guru yang rendah kesadarannya akan peningkatan mutu guru, masih adanya guru yang kurang berkompeten dan masih kurangnya jumlah guru sesuai kebutuhan.