PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA ANATARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN INKUIRI KELAS VII SMP SWASTA PELITA MEDAN

Main Author: Harahap, Rudiyansyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/30030/1/1.%20NIM.%208156172071%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/30030/7/2.%20NIM.%208156172071%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/30030/7/3.%20NIM.%208156172071%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/30030/6/4.%20NIM.%208156172071%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/30030/4/5.%20NIM.%208156172071%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/30030/3/6.%20NIM.%208156172071%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/30030/5/7.%20NIM.%208156172071%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/30030/2/8.%20NIM.%208156172071%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/30030/5/9.%20NIM.%208156172071%20CHAPTER%20II.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/30030/8/10.%20NIM.%208156172071%20CHAPTER%20III.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/30030/7/11.%20NIM.%208156172071%20CHAPTER%20IV.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/30030/7/12.%20NIM.%208156172071%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/30030/7/13.%20NIM.%208156172071%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/30030/7/14.%20NIM.%208156172071%20ENCLOSURE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/30030/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran inkuiri, (2) perbedaan kemampuan kecerdasan emosional siswa antara model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran inkuiri, (3) interaksi antara model pembelajaran (PBM dan inkuiri) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah) siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (4) interaksi antara model pembelajaran (PBM dan inkuiri) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah) siswa terhadap kemampuan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Pelita Medan. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-1 dan VII-2. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran inkuiri. Hal ini dapat dilihat dari hasil ANAVA dengan Fhitung = 4,975 lebih besar dari Ftabel = 3,980. (2) Terdapat perbedaan kemampuan kecerdasan emosional siswa antara model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran inkuiri. Hal ini dapat dilihat dari hasil ANAVA dengan Fhitung = 21,127 lebih besar dari Ftabel = 3,980. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran (PBM dan inkuiri) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah) siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil ANAVA dengan Fhitung = 1,184 lebih kecil dari Ftabel = 3,130. (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran (PBM dan inkuiri) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah) siswa terhadap kemampuan kecerdasan emosional siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil ANAVA dengan Fhitung = 1,067 lebih kecil dari Ftabel = 3,130