PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA SMK NEGERI 5 MEDAN
Daftar Isi:
- RANI RAHIM. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMK Negeri 5 Medan. Tesis. Medan. 2015. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan (UNIMED). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kevalidan perangkat pembelajaranyang dikembangkan dengan pendekatan pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penalaran matematik siswa, (2) Mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penalaran matematik siswa, (3) Mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penalaran matematik siswa, (4) Mengetahui perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penalaran matematik siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D. Tahap uji coba lapangan dilakukan dengan desain quasi eksperimen one group pre-test post-test dengan teknik analisis data statistik uji t. Subjek penelitian pada uji keterbacaan adalah siswa yang terdiri dari 9 orang. Subjek pada uji lapangan adalah siswa kelas X. Data dikumpulkan menggunakan 4 jenis instrumen yaitu lembar validitas, lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Validitas ditunjukkan dari hasil 5 orang validator, rata-rata total validitas untuk RPP: 4,28; Buku Guru: 4,31; Buku siswa: 4,36; LKS: 4,29; hasil validasi ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan. Kepraktisan dilihat dari hasil lembar observasi keterlaksanaan perangkat; respon siswa terhadap perangkat pembelajaran berada di atas 80%. Keefektifan dilihat dari uji coba lapangan dengan nilai ketuntasan hasil belajar pada uji coba lapangan pertama belum mencapai kriteria keefektifan (ketuntasan belajar klasikal di bawah 85%), sedangkan pada uji coba lapangan kedua sudah memenuhi kriteria keefektifan yaitu ketuntasan belajar klasikal ≥ 85%, kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori baik dan aktivitas siswa berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran. Pada uji lapanga pertama dan kedua menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penalaran matematik siswa yang ditunjukkan dari thitung > ttabel.