PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEJARAH MELALUI SUPERVISI AKADEMIK MODEL ARTISTIK DI SMA NEGERI LUBUKPAKAM KABUPATEN DELI SERDANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi profesional guru mata pelajaran sejarah melalui supervisi akademik model artistik di SMA Negeri Lubukpakam Kabupaten Deli Serdang. Subjek penelitian sebanyak 8 orang guru mata pelajaran sejarah pada SMA Negeri Lubukpakam Kabupaten Deli Serdang. Subjek ditentukan dengan cara purposive. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kompetensi profesional guru adalah pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Hasil penelitian adalah penilaian kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) setelah dilakukan supervisi akademik model artistik pada siklus I kategori cukup dengan nilai 72,94 dan pada siklus II kategori baik dengan nilai 85,93. Penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I kategori cukup dengan nilai 72,87 dan pada siklus II kategori baik dengan nilai 86,74. Penilaian kompetensi profesional guru pada siklus I kategori cukup dengan nilai 66,24 dan pada siklus II kategori baik dengan nilai 88,75. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru di SMA Negeri Lubukpakam Kabupaten Deli Serdang dapat ditingkatkan melalui supervisi akademik model artistik