PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BAHASA JERMAN DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK WORKSHOP DI SMA NEGERI KOTA BINJAI
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru Bahasa Jerman dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 melalui supervisi akademik teknik workshop di SMA Negeri Kota Binjai. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru bahasa Jerman di SMA Negeri kota Binjai, sebanyak 5 orang. Subjek ditentukan dengan cara purposive. Untuk mencapai tujuan penelitian ini digunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian yang terdiri dari "panduan wawancara, daftar kecocokan, dan lembar observasi". Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan terhadap kompetensi guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 dengan menggunakan supervisi akademik teknik workshop pada siklus I tergolong dalam kategori cukup dengan Nilai 74,1 dan pada siklus II tergolong dalam kategori baik dengan nilai 88.. Berdasarkan temuan tersebut, disimpulkan bahwa kompetensi guru dalam menyusun RPP akan meningkat apabila supervisor memberikan supervisi yang baik dengan menggunakan supervisi akademik teknik workshop.