Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis proyek yang layak dan valid serta efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SD Islam Permata amanda Medan Marelan kelas IV. Sedangkan objek dalam penelitian adalah Lembar Kerja Siswa berbasis proyek.Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi Lembar Kerja Siswa, lembar validasi tes hasil belajar, tes hasil belajar dan angket respon siswa.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi dan bahasa menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan di lapangan dengan revisi dan valid, sedangkan validasi ahli desain pembelajaran menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan di lapangan tanpa revisi dan valid; dan (2) berdasarkan uji coba lapangan, LKS dapat dinyatakan efektif. Hal tersebut berdasarkan: persentase ketuntasan klasikal meningkat yaitu 89,66 %, dari 29 siswa yang mengikuti tes; ketercapaian tujuan pembelajaran (TPK) tercapai; respon siswa positif; dan presentase waktu belajar efektif. Tingkat keefektifan LKS berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan gain score adalah sedang.