PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA DI KELAS VII SMP SWASTA IMELDA MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori, (2) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi eksperimen). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Imelda Medan. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara cluster random sampling sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Instrument yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar PKn dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 25 soal dan lembar angket motivasi belajar siswa sebanyak 30 pernyataan yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Dari hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat efek penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PKn, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang diajar dengan Contextual Teaching and Learning (CTL) (X = 82,16), sedangkan yang diajar dengan media lagi (X = 71,36) dengan nilai sig.0,000; (2) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PKN, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi (x = 80,99), sedangkan siswa motivasi belajar rendah (x = 72,16), dengan nilai sig.0,000; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn dengan nilai sig.0,001 , dimana hasil belajar PKn optimal pada siswa yang diajarkan dengan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk motivasi belajar tinggi