Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 066667 Perumnas Mandala Medan yang diajarkan dengan Model CIRC dan Kontekstual, (2) mendeskripsikan pengaruh kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 066667 Perumnas Mandala Medan yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah, (3) mendeskripsikan interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 066667 Perumnas Mandala Medan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 066667 Perumnas Mandala yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 63 siswa yang diambil secara random cluster sampling yaitu kelas VI-A yang diajarkan dengan model pembelajaran CIRC dan kelas VI-B yang diajarkan dengan menggunakan model Kontekstual. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Untuk mengumpulkan data digunakan tes kemampuan menulis teks puisi dan motivasi belajar siswa menggunakan angket. Teknik analisis data penelitian yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan inferensial. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil keterampilan menulis teks puisi yang diajar dengan CIRC dengan hasil keterampilan menulis teks puisi yang diajar dengan Kontekstual teruji kebenarannya. Hal ini terbukti dari fhitung = 88,530 > ftabel = 3,99 pada taraf signifikan 5%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model CIRC lebih baik dari Kontekstual, (2) terdapat perbedaan keterampilan menulis teks puisi pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah teruji kebenarannya. Hal ini dibuktikan dari Fhitung = 103,060 > Ftabel = 3,991 pada taraf signifikan 5%. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks puisi pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, dan (3) ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi keterampilan menulis teks puisi. Hal ini dibuktikan dari Fhitung = 90,250 > Ftabel = 3,991 pada taraf signifikan 5%.