PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 107458 DOLOK MASIHUL SERDANG BEDAGAI
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) hasil belajar IPS siswa kelas V yang diajar dengan model pembelajaran time token dan talking stick; (2) hasil belajar IPS siswa kelas V yang mempunyai minat belajar tinggi dan minat belajar rendah; dan (3) Interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 107458 Dolok Masihul, dan sampelnya dipilih secara total sampling sebanyak 60 siswa. Intrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar IPS dan angket minat belajar. Analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPS dengan model pembelajaran Time Token lebih baik daripada model pembelajaran Talking Stick; (2) hasil belajar IPS dengan minat belajar tinggi lebih baik daripada minat belajar rendah; dan (3)terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa model pembelajaran time token merupakan solusi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa, dan guru juga diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa karena minat belajar juga mempengaruhi hasil belajar IPS