Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan guru Fiqih dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah melalui supervisi klinis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kecamatan Batang Kuis. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah, yang diadakan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kecamatan Batang Kuis meliputi MTs.S Bustanul Ulum, MTs.S Darul Ilmi, MTs.S YPI, MTs.S Umar Bin Khattab dan MTs.S YP Raudhatul Akmal dengan 5 guru Fiqih sebagai subjek penelitian. Objek penelitian adalah penerapan supervisi klinis untuk meningkatkan kemampuan guru Fiqih dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian menunjukkan: Pada siklus pertama pelaksanaan supervisi klinis, nilai rata-rata kemampuan guru Fiqih untuk merencanakan pembelajaran adalah 78,00 dengan kategori cukup, menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam proses belajar adalah 66,00 dengan kategori cukup, Dan mengevaluasi pembelajaran adalah 70,00 dengan kategori cukup; Siklus kedua, nilai rata-rata kemampuan guru Fiqih untuk merencanakan pembelajaran adalah 92,00 dengan kategori sangat baik, menerapkan model pembelajaran berbasis masalah adalah 87,00 dengan kategori baik,