PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA DI KELAS VII SMP TD PARDEDE FOUNDATION SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran faktual mengenai : (1) Hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran koperatif tipe jigsaw dan hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori ; (2) Hasil belajar PKn antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan hasil belajar PKn siswa yang memiliki motivasi belajar rendah ; (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PKn siswa di SMP TD Pardede Foundation Sunggal. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP TD Pardede Foundation Sunggal, sedangkan sampel penelitian adalah kelas VII-A berjumlah 35 orang dan kelas VII-C berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran koperatif tipe jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori ; (2) Hasil belajar PKn siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik dari hasil belajar PKn siswa yang memiliki motivasi belajar rendah ; (3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PKn siswa di SMP TD Pardede Foundation Sunggal.