PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION MTS AL WASHLIYAH PEMATANGSIANTAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diberi Teams Games Tournaments dengan siswa yang diberi Student Teams Achievement Division di MTs Al Washliyah Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Al Washliyah Pematangsiantar dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan kelas VIII-2 sebanyak 48 orang. Kelas VIII-1 diberi Teams Games Tournaments dan kelas VIII-2 diberi Student Teams Achievement Division. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik analisis data adalah normalitas, homogenitas dan hipotesis. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh - dan . Ternyata , sehingga ditolak dan diterima sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diberi Teams Games Tournaments dengan siswa yang diberi Student Teams Achievement Division pada MTs Al Jamâiyatul Washliyah Pematangsiantar. Berdasarkan hasil penelitian ini, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments dan Student Teams Achievement Division dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa khususnya pada materi keliling dan luas lingkaran