PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA BERPRESTASI RENDAH DI SMPN. 6 PERCUT SEI TUAN KELAS VIII T.A2017/2018
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik Problem Solving terhadap disiplin belajar siswa berprestasi rendah di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Kelas VIII T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Experimental Design dengan One Group pre-test post-test Design. Sampel penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas VIII yang diperoleh berdasarkan data dari hasil wawancara dan teknik pengambilan sampel purposive dengan kriteria siswa yang berprestasi rendah akibat disiplin belajar rendah. Instrument yang digunakan adalah angket disiplin belajar untuk menjaring data tentang tingkat disiplin belajar siswa. Instrumen tersebut telah melalui proses validitas dan reabilitas. Angket diberikan sebelum dan sesudah penerapan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving. Teknik analisis data menggunakan uji tanda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap disiplin belajar siswa. Nilai rata-rata pre-test (M) = 101,9 dan standar deviasi (SD) = 6,34 sedangkan post-test rata-rata (M) = 192,4 dan standar deviasi (SD) = 3,6. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan uji jumlah jenjang wilcoxon dimana jenjang bertanda positif = 55,5 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 0. Diperoleh Zhitung< Ztable = - 2,805 < -1,96 dengan α = 0,05. Berdasarkan uji statistik tersebut dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh signifikan bimbingan kelompok teknik Problem Solving terhadap disiplin belajar siswa di SMP Negeri 6 Percut Sei TuanKelas VIII T.A. 2017/2018