PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIS AL WASHLIYAH SEI BULUH KECAMATAN TELUK MENGKUDU KABUPARTEN SERDANG BEDAGAI T.A 2017/2018
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini yang menjadi sebuah masalah adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikarenakan guru yang kurang memberikan pembelajaran yang bervariasi khususnya dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah 1.Untuk memperoleh data penerapan pendekatan saintifik pada pelajaran IPA kelas IV di MIS Al Washliyah Sei Buluh T.A 2017/2018. 2.Untuk memperoleh data hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas IV di MIS Al Washliyah Sei Buluh T.A 2017/2018. 3.Untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di MIS Al Washliyah Sei Buluh T.A 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Al Washliyah Sei Buluh kecamatan Teluk Mengkudu. Penelitian ini menggunakan dua variable yaitu pendekatan saintifik (x) dan prestasi belajar (y). Jenis penelitian berupa eksperimen dengan desainnya berupa eksperimen Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini siswa kelas IV yang ada di MIS Al Washliyah Sei Buluh yang berjumlah 49 siswa. Terdiri dari 2 kelas, kelas IV-A berjumlah 24 siswa dan kelas IV-B berjumlah 25 siswa. Instrument penelitian melalui tes dan observasi. Uji instrument tes menggunakan uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus uji liliefors, uji homogenitas dengan rumus uji F, dan uji hipotesis dengan rumus uji-t. Hasil penelitian dan analisis data pada uji hipotesis didapat thitung (9.274) > ttabel (1.678) dengan taraf signifikan α=0,05. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik bepengaruh dan efektif secara signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV MIS Al Washliyah Sei Buluh Tahun Ajaran 2017/2018.