OPTIMASI KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH SMA DI KABUPATEN KARO MELALUI PELATIHAN DENGAN CRITICAL EVENTS MODEL (CEM)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui keadaan nyata persoalan kompetensi supervisi akademik di Kabupaten Karo; faktor pendukung serta faktor penghambat optimalnya kompetensi supervisi akademik; solusi agar kompetensi supervisi akademik pengawas sekolah dapat optimal serta dapat meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Penelitian dilakukan di Kabupaten Karo dengan waktu 3 bulan. Subyek penelitian adalah pengawas sekolah SMA di Kabupaten Karo. Data dikumpukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: keadaan kompetensi supervisi akademik di Kabupaten Karo masih bernilai rendah; faktor-faktor pendukung pengawasan adalah kepala sekolah dan guru memiliki kualifikasi pendidikan sarjana (S1) kependidikan, guru memiliki wadah organisasi MGMP, adanya produk hukum yang menaungi pengawas; faktor-faktor penghambat pengawasan adalah budaya sekolah yang masih kurang terbuka menerima kritikan, budaya masyarakat yang masih kental dengan persaudaraan, guru tidak menjadikan pengawas sebagai mitra, karena kondisi geografis, serta latar belakang pendidikan pengawas; solusi dari keadaan tersebut dilakukan pelatihan menggunakan Critical Events Model (CEM) yang berhasil mengoptimalkan kompetensi supervisi akademik pengawas sekolah SMA di Kabupaten Karo. Temuan penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi pengawas sekolah, dan warga sekolah untuk bekerjasama meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Karo.