IMPLEMENTASI TINDAK LANJUT DAN DAMPAK SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF DI SMK PP NEGERI 1 KUALUH SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU UTARA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: rencana pengawas, proses pelaksanaan, permasalahan dan solusi, dan dampak tindak lanjut hasil supervisi akademik pengawas mata pelajaran produktif di SMK PP Negeri 1 Kualuh Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK PP Negeri 1 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara dari Mei sampai dengan Agustus 2017. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan informan pengawas SMK, Kepala SMK, dan guru-guru mata pelajaran produktif SMK PP Negeri 1 Kualuh Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, studi dokumentasi, observasi dan triangulasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang mengacu kepada teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan tindak lanjut yang dilakukan pengawas cukup baik dengan melibatkan pihak sekolah; (2) pelaksanaan tindak lanjut kurang baik karena tingkat keterlaksanaannya baru mencai 27%; (3) masalah yang dihadapi pengawas adalah kurangnya kompetensi guru dan kurangnya sarana prasarana sedangkan masalah yang dialami guru adalah kurangnya sarana dan prasarana serta kurangnya minat belajar siswa, solusi yang diharapkan agar pihak sekolah melengkapi sarana prasarana serta, (4) pengawas menyatakan belum melihat dampak signifikan pemberian tindak lanjut bagi peningkatan kinerja guru, sedangkan guru menyatakan berdampak pada kinerjanya. Data dan informasi hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan pengambil kebijakan di Sumatera Utara umumnya dan Kabupaten Labuhanbatu Utara khususnya