PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN READING KWL (KNOW WANT TO KNOW LEARNED) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran reading KWL terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Percut Sei Tuan Kelas VI semester II tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian control group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VI SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Percut Sei Tuan yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah seluruh siswa kelas VI-A dan VI-C yang berjumlah 60 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan purposive sample yaitu pemilihan sampel dimana pengambilan sampel bukan berdasarkan strata, random, atau daerah tertentu tetapi berdarkan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji t. Namun sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak, dan uji homogenitas untuk menguji kesamaan varians dua kelompok data. Berdasarkan hasil perhitungan uji prasyarat, pada uji normalitas data pretest dengan ketentuan Lhitung<Ltabelpada kelas eksperimen diperoleh hasil 0,133 < 0,161 sedangkan kelas kontrol 0,151 < 0,161 dimana kedua kelas berdistribusi normal. Uji normalitas posttest di kelas eksperimen diperoleh hasil 0,120 < 0,161 sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai 0,155 < 0,161 dimana kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas pretest dengan ketentuan Fhitung<Ftabel diperoleh hasil 1,48 < 1,87 dan uji homogenitas data posttest dengan ketentuan yang sama diperoleh hasil 0,93 < 1,87 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua data kelompok tersebut dapat dikatakan homogen. Setelah dilakukan uji prasyarat selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan uji t, pengujian hipotesis (uji t) dengan taraf signifikan 5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran reading KWL (Know Want To Know Learned) terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Percut Sei Tuan T.A 2017/2018 dengan nilai signifikan thitung>ttabel = (2,602 > 1,695). Maka dapat disimpulkan bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran reading KWL (Know Want To Know Learned) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VI SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Percut Sei Tuan T.A 2017/2018. Sesuai dengan simpulan di atas maka disarankan pada guru dan calon guru untuk dapat menggunakan strategi pembelajaran reading KWL sebagai salah satu strategi pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD.