Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaimana perhatian orang tua yang diterapkan kepada siswa kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian, (2) bagaimana hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian, (3) apakah ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian T.A.2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perhatian orang tua yang diterapkan kepada siswa kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian, (2) untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian, (3) untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian Kecamatan Deli Tua kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA, VB, VC SD Negeri 1101801 Kedai Durian Kecamatan Deli Tua kabupaten Deli Serdang sebanyak 99 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa VA sebanyak 34 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product momen dan uji-t. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa perhatian orang tua sangat mempengaruhi hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Terlihat dari hasil perhitungan korelasi diperoleh nilai rxy = 0,456 > rtabel = 0,339 dan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 2,88 > ttabel = 2,036. Dengan demikian, disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi hubungan yang signifikan antara Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian Kecamatan Deli Tua kabupaten Deli Serdang T.A 2017/2018 dapat diterima.