EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memproleh data gambaran dan hasil belajar tentang penerapan pendekatan kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat mengefektifkan hasil belajar IPS kelas IV, memproleh hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen mengenai efektivitas belajar siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam pelajaran IPS kelas IV serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD pokok bahasan Pahlawan dan Sikap Kepatriotisme Pahlawan antara yang menggunakan model kooperatif tipe TGT dan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian berupa eksperimen dengan desainnya berupa eksperimen Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini siswa kelas IV yang ada di SD Negeri 101801 yang berjumlah 57 siswa. Sampel terdiri dari 2 kelas, kelas IV-A berjumlah 28 siswa dan kelas IV-B berjumlah 29 siswa. Teknik instrument tes melalui tes dan observasi. Uji instrument tes menggunakan uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus uji liliefors, uji homogenitas dengan rumus uji F, dan uji hipotesis dengan rumus uji-t. Uji instrument tes sebanyak 20 soal valid. Pada uji reabilitas, reabilitas tes tergolong tinggi 0.8052. Analisis data tes akhir diperoleh hasil rata-rata dari kelas eksperimen 77.28 (baik) dengan standar deviasi 11.01 sedangkan kelas kontrol diperoleh 55.37 (kurang) dengan standar deviasi 13.17. Pada uji normalitas di kelas eksperimen nilai Lhitung (0.017) < nilai Ltabel (0.173) sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai Lhitung (0.035) < nilai Ltabel (0.173) dimana kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas nilai Fhitung = 1.83 < 2.04 (homogen). Uji hipotesis didapat thitung (6.930) > ttabel (1.673) dengan taraf signifikan α=0,05. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan kooperatif tipe teams games tournaments bepengaruh dan efektif secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2017/2018.