Daftar Isi:
  • Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya pada pokok bahasan daur air dan peristiwa alam dimana guru kurang memberikan motivasi pada saat proses pembelajaran. Nilai yang di dapat siswa saat pelajaran IPA sangat rendah, siswa kurang aktif selama proses pembelajaran dan guru masih sering menggunakan model pembelajaran ceramah, tanya jawab dan menghafal. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran Talking Stick di kelas V SDN 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018. Hasil penelitian pada kondisi awal, motivasi belajar siswa dari hasil angket observasi sebelum dilaksanakan siklus I diperoleh tingkat motivasi belajar siswa dengan nilai rata-rata 53,32 dengan jumlah siswa yang tergolong termotivasi 4 siswa dari 30 siswa, dan jumlah siswa yang tidak termotivasi 26 siswa dari 30 siswa. Pada siklus I setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran talking stick perolehan angka mendapatkan nilai rata-rata 67,75 dengan jumlah siswa yang tergolong termotivasi 12 siswa dari 30 siswa dan jumlah siswa yang tergolong tidak termotivasi 18 siswa dari 30 siswa. Pada siklus II perolehan angka mendapatkan nilai rata-rata 88,79. Hasil observasi siswa secara keseluruhan pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 43,92%. Pada siklus I pertemuan II di peroleh nilai rata-rata 58,79%. Pada siklus II pertemuan I di peroleh nilai rata-rata 71,91%. Pada siklus II pertemua II diperoleh nilai ratarata 86,37%. Hasil observasi secara secara keseluruhan meningkat darisiklus I pertemuan I 60% dan pertemuan II 62,5% dan siklus II pertemuan I dan II 80% dan 92,5% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan daur air dan peristiwa alam di kelas V SDN 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018