Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle pada siswa kelas V SD Negeri 105287 Tembung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 105287 Tembung T.A 2017/2018, dengan jumlah 25 siswa. Penelitian direncanakan pada bulan Januari sampai bulan Maret. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan model Learning Cycle, lembar observasi minat belajar IPA siswa, angket minat belajar IPA siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh data sebagai berikut: Pada pra tindakan jumlah siswa yang mendapat skor minat dengan kategori “berminat” adalah 3 siswa (12%), “Cukup Berminat” 2 siswa (8%), “Kurang Berminat” 3 siswa (12%) dan “Belum Berminat” 17 siswa (68). Kemudian setelah diberikan tindakan pada siklus I hasil minat siswa mengalami peningkatan yaitu “Berminat” 12 siswa (48%), “Cukup Berminat” 9 siswa (36%), “Kurang Berminat” 3 siswa (12%) dan “Belum Berminat” 1 siswa (4%). Pada Siklus II minat siswa mengalami peningkatan yang cukup baik yaitu “Sangat Berminat” 13 siswa (52%), “Berminat” 11 siswa (44%), “Cukup Berminat” 1 siswa (4%). Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dan dari analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Learning Cycle dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 105287 Tembung T.A 2017/2018.