Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa yang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside- Outside Circle (IOC) di kelas V-B pada pelajaran IPA di SDN 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah informasi atau bahan masukan bagi penulis tentang pentingnya minat belajar, sehingga situasi dan kondisi yang sesuai dengan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC) dengan subjek yang diteliti berjumlah 30 siswa di kelas V-B SDN 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan angket. Setelah dilakukan penelitian diketahui rata-rata hasil observasi minat belajar siswa siklus I pertemuan I adalah 73,3 dan pada pertemuan II adalah 73,36 sedangkan rata-rata hasil observasi minat belajar siswa pada siklus II pertemuan I adalah 80,5 dan pada pertemuan II adalah 89,33. Untuk hasil angket minat belajar siswa pada siklus I pertemuan I rata-ratanya adalah 68,83 dan pertemuan II adalah 72,13 sedangkan hasil angket minat belajar siswa pada siklus II pertemuan I rata-ratanya adalah 82,8 dan pada pertemuan II adalah 90,23. Dapat disimpulkan secara signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC), minat belajar siswa meningkat pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Pesawat Sederhana di kelas V SDN 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018.