PEMBELAJARAN WEB ENHANCED COURSE DENGAN APLIKASI HOME ONLINE TRADING SYSTEM (HOTS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PASAR MODAL
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis dukungan web atau Web Enhanced Course dengan menggunakan aplikasi Home Online Trading System (HOTS) yang diintegrasikan dengan macromedia flash dan iSpring menjadi sebuah media pembelajaran interaktif. Aplikasi HOTS dapat digunakan sebagai media transaksi secara nyata di pasar modal namun dapat juga digunakan sebagai media untuk simulasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengintegrasikan model Dick dan Carey untuk merumuskan substansi materi dan model Borg dan Gall untuk mengembangkan media. Materi ini disusun secara sistematis sebagai bagian dari mata kuliah pasar modal namun terbatas hanya pada satu Capaian Pembelajaran (CP) yaitu “Mampu melakukan transaksi di bursa efek mulai dari pembukaan rekening investasi hingga proses transaksi jual dan beli.” Pengembangan media tersebut akan melalui tiga tahapan. Pertama, melakukan penelitian pendahuluan yang merujuk pada model Dick and Carey untuk merumuskan materi yang akan disampaikan. Kedua, membangun dan mengintegrasikan pembelajara dengan dukungan web yaitu melalui aplikasi HOTS dan iSpring sebagai alat untuk tes online yang diintegrasikan dalam aplikasi macromedia flash. Ketiga, media tersebut diuji coba melalui berbagai tahapan yaitu validasi oleh ahli materi matakuliah pasar modal, ahli desain pembelajaran, ahli rekayasa perangkat lunak dan desain grafis, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Kualitas produk pengembangan dievaluasi dengan menggunakan angket. Hasil evaluasi dari subyek ujicoba diakumulasi serta dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Media yang dikembangkan dapat disimpulkan layak digunakan jika hasil dari keseluruhan validasi dan uji coba mencapai kategori minimal “baik”. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba yang dilakukan menghasilkan penilaian bahwa media yang dikembangkan mencapai tingkat sangat baik sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesa penelitian ini dapat diterima. Hal ini berarti media yang dikembangkan layak digunakan. Selain hasil penilaian tersebut, berdasarkan data yang diperoleh dalam seluruh tahapan uji coba, disimpulkan bahwa media yang dikembangkan telah memberikan berbagai manfaat positif yaitu peningkatan motivasi, efisiensi belajar, kesesuaian dengan kecepatan belajar masing-masing mahasiswa.