PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 PADANG BOLAK
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran problem solving berbantuan macromedia flash terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. (2) Apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran problem solving berbantuan macromedia flash terhadap selfconfidence siswa. (3) Interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (4) Interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap self-confidence siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 5 Padang Bolak. Sampel penelitian ini adalah Kelas VII-A (25 siswa) diajarkan dengan strategi problem solving dan kelas VII-B (25 siswa) diajarkan dengan konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis dan angket self-confidence siswa. Analisis yang dilakukan menggunakan ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran problem solving berbantuan macromedia flash. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap self-confidence siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran problem solving berbantuan macromedia flash. (3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan KAM terhadap self-confidence siswa.