PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, (2) Kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, dan (3) Efektifitas bahan ajar yang dikembangkan dengan pembelasajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognitif.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Dick and Carey. Instrument penelitian ini adalah lembar validasi dan observasi, RPP, Buku Guru, Buku Siswa, LAS, Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Koneksi Matematis Siswa. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VII-II dan uji coba II di kelas VII-3 SMP Swasta Babalan Pangkalan Berandan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (2) Adanya peningkatan kemampuan koneksi menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (3) bahan ajar memenuhi keefektifan, efektivitas ditinjau dari: a) ketuntasan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa secara klasikal; b) ketuntasan kemampuan koneksi matematis siswa secara