Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dengan menggunakan peta konsep terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (2) Apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dengan menggunakan peta konsep terhadap disposisi matematis siswa. (3) Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (KAM) siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (4) Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (KAM) siswa terhadap disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas, kelas XI IPA-3 (25 siswa) dan kelas XI IPA-4 (25 siswa). Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan peta konsep dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan berpikir kritis matematis, (2) angket disposisi matematis siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas, serta koefisien reliabilitas untuk kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi matematis. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan peta konsep. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan peta konsep. (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. (4) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap disposisi matematis siswa.